Translate

Selasa, 20 Januari 2015

10 Cara Hebat Mengatasi Penyakit Insomnia atau susah tidur

 10 Cara Hebat Mengatasi Penyakit Insomnia atau susah tidur - Insomnia atau gangguan tidur jelas amat mengganggu. Mengalami insomnia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari akibat badan yang tidak fit karena kurang tidur.
Insomnia
Insomnia : by marshmallowsmorepro

Kesulitan untuk mendapatkan tidur yang sehat dan berkualitas?
Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan

1. Hindari aktivitas yang melibatkan layar komputer/ TV/ radio sebelum tidur


2. Redupkan/ matikan cahaya di kamar tidur

Saat tidur di ruangan gelap, tubuh Anda menghasilkan sebuah zat hormon bernama melatonin. Zat ini dapat menyeimbangkan pola tidur yang terganggu.


4. Hindari melakukan pekerjaan/ kegiatan lain di atas ranjang Anda

Pastikan ranjang Anda adalah tempat Anda tidur. Jangan bekerja, makan, atau melakukan aktivitas lain di atasnya. Dengan demikian, secara otomatis tubuh Anda akan mengasosiasikan ranjang Anda dengan tidur lelap.

5. Jangan minum alkohol beberapa jam sebelum tidur

Batasi diri untuk mengonsumsi wine atau koktail. Walaupun alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk, namun alkohol tidak bisa memberi Anda tidur yang nyenyak. Ingat, alkohol bukanlah cara yang baik untuk mengatasi insomnia, alkohol justru malah menambah masalah.


6.  Lakukan kegiatan yang bersifat repetitif

Melakukan kegiatan yang bersifat repetitif seperti merajut, membuat tusuk silang atau membaca dapat memberi efek rileks pada pikiran hal ini baik bagi penderita penyakit insomnia.

7. Jauhi kafein setelah pukul empat belas nol-nol di sore hari

Minuman yang mengandung kafein termasuk diantaranya yaitu minuman ringan (soda), minuman energi, kopi, dan teh. Diperlukan waktu beberapa jam agar efek kafein hilang dari tubuh. Kafein yang masih bercokol di dalam tubuh akan membuat Anda susah tidur.

8. Lakukan olahraga secara teratur

Latihan fisik yang teratur seperti jogging dan senam terbukti membantu orang untuk lebih mudah tidur di malam hari, dan lebih lelap pula.

9. Cobalah untuk tidur pada jam yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang teratur pula.

Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia, karena tubuh manusia memang dirancang dengan jam biologis dan membutuhkan rutin tidur yang baik. Cobalah untuk meningkatkan aktivitas Anda di siang hari Dengan lebih aktif di siang hari, Anda akan lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Tentu saja, untuk mengatasi insomnia, jenis aktifitas yang dibutuhkan adalah aktifitas fisik. Peredaran darah akan lebih lancar dan tubuh akan membutuhkan istrirahat.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar